Metode Untuk Memfokuskan Kamera Digital Anda Pada Objek Bergerak

Pemfokusan adalah bagian penting untuk memotret foto yang bagus bersama dengan komposisi dan pencahayaan. Berfokus pada objek statis relatif mudah baik dengan pemfokusan manual atau dengan menggunakan fitur fokus otomatis kamera. Berfokus jauh lebih sulit ketika objek terus bergerak.

Ada banyak teknik yang digunakan oleh fotografer untuk mengambil fokus foto yang tajam dari objek yang bergerak. Berikut beberapa di antaranya:
Fokus tak terbatas: Ketika objek cukup jauh dari fokus kamera dapat diatur secara manual atau otomatis ke tidak terbatas. Selama objek bergerak tetap berada dalam rentang fokus tak terbatas, foto akan tajam dan jernih. Meskipun ini berlaku dalam beberapa skenario itu tidak berguna dalam banyak hal lain seperti acara olahraga menembak atau pertunjukan udara.

Secara manual mengoreksi fokus: Dengan menggunakan metode ini kamera digital dimasukkan ke mode fokus manual. Koreksi fokus dilakukan secara manual dengan menggerakkan cincin fokus dan lensa atau menekan tombol fokus dan keluar. Ketika objek bergerak dan mengubah jaraknya dari kamera, fotografer secara manual mengoreksi fokus sesuai kebutuhan. Ini bagus dalam beberapa skenario di mana objek bergerak relatif lambat dan pergerakannya dapat diprediksi. Secara manual mengoreksi fokus untuk objek yang bergerak sangat cepat atau bergerak tak terduga tidak praktis.

Mode fokus tunggal: Saat menggunakan metode ini kamera digital dimasukkan ke dalam mode fokus tunggal. Kamera akan secara otomatis fokus pada objek ketika tombol rana ditekan. Metode ini dapat dikombinasikan dengan metode fokus manual. Fotografer secara manual berfokus pada objek dan kamera sedang melaksanakan perbaikan fokus akhir ketika rana ditekan dan foto diambil. Metode ini terbatas pada objek bergerak lambat atau kamera fokus cepat high end. Fokus adalah proses mekanis dan membutuhkan waktu. Jika kamera membutuhkan waktu terlalu lama untuk fokus pada saat fokusnya pada objek yang bergerak cepat, objek akan bergerak dan foto tidak akan menjadi fokus lagi.

Fokus otomatis terus-menerus: Dalam metode ini, kamera dimasukkan ke dalam mode fokus berkelanjutan. Setelah tombol rana ditekan dan selama dipegang setengah jalan kamera terus menerus memfokuskan pada objek di foto. Dalam metode ini kamera terus menerus mengoreksi fokus saat jarak objek dari kamera berubah. Metode ini sangat berguna. Bahkan jika objek bergerak cepat, kamera dapat melacak gerakannya dan terus memperbaiki fokus. Dengan menahan tombol rana setengah jalan ke bawah dan terus menggerakkan kamera untuk mengikuti objek yang bergerak, kamera akan terus menjaga objek dalam fokus. Saat Anda siap untuk memotret, cukup tekan tombol rana sepenuhnya. Salah satu kelemahan dari metode ini adalah konsumsi daya yang tinggi karena kamera terus-menerus mengoreksi fokus menggunakan motor yang haus kekuasaan di lensa untuk memindahkan komponen optik.

Mengambil foto yang bagus dari objek yang bergerak itu tidak mudah. Ini membutuhkan latihan dan pengalaman. Selain memastikan bahwa objek dalam fokus Anda harus terus mempertimbangkan komposisi, kondisi pencahayaan yang berubah, kecepatan rana untuk membekukan atau menangkap gerakan, zoon yang berubah dan lainnya. Pergi dan berlatih memotret banyak foto objek bergerak. Dengan memotret banyak foto dalam berbagai situasi, Anda akan menumbuhkan naluri yang akan membuat semua proses dan pertimbangan ini menjadi proses otomatis yang tidak disadari.