Kedalaman Lapangan: Tiga Cara Agar Ini Bekerja Untuk Anda.

Memahami Depth Of Field sangat penting bagi fotografer yang ingin bergerak melewati tahap pemula. Menggunakan kedalaman bidang dengan baik memberi Anda kendali besar atas dampak foto Anda. Untuk fotografer baru, kedalaman bidang juga bisa menjadi salah satu elemen paling sulit untuk dikuasai.

Bahkan ketika Anda memecahnya ke istilah yang paling sederhana, hubungan antara bukaan dan kedalaman bidang dapat tampak membingungkan. Setiap kali saya mengajar kelas, atau mencoba menjelaskan pengaturan manual pada kamera teman, ini adalah topik yang selalu kita harus ulangi lagi dan lagi. Kabar baiknya adalah bahwa dengan latihan dan konsentrasi, hubungan aperture / depth of field akhirnya akan ‘klik’ untuk Anda. Kabar buruknya, ada lebih banyak untuk memahami kedalaman bidang daripada hanya menggunakan aperture Anda.

Tapi mari kembali ke dasar. Apa itu kedalaman bidang?

Dalam istilah sederhana, kedalaman bidang adalah area di belakang dan di depan titik fokus utama Anda, yang juga dapat diterima dalam fokus. Jadi jika Anda fokus pada subjek sejauh satu meter, Anda mungkin melihat foto Anda dan menemukan bahwa semuanya dari 0,9 hingga 1,2 meter sedang fokus. Dalam hal ini, kedalaman bidang Anda adalah 0,3 meter (30 cm).

Hal pertama yang dipelajari fotografer baru tentang kedalaman bidang adalah bahwa ia dikendalikan oleh bukaan lensa Anda. Sangat sederhana, aperture yang lebih kecil menciptakan kedalaman bidang yang lebih besar, dan aperture yang lebih besar menciptakan kedalaman bidang yang lebih sempit. Jadi jika kita kembali ke contoh sebelumnya, katakanlah kedalaman bidang 30cm ditangkap dengan lobang F-8. Anda bisa mempersempit kedalaman bidang dengan menyesuaikan aperture ke F-2.8, pengaturan yang jauh lebih luas.

Terdengar membingungkan? Sulit untuk menjelaskannya secara lebih sederhana, terutama tanpa menunjukkan foto-foto sebagai contoh. Jika ini adalah pertama kalinya Anda bekerja dengan kedalaman bidang, jangan khawatir. Pergi ke luar sekarang juga dan ambil beberapa gambar seperti yang telah saya jelaskan, dan Anda seharusnya dapat melihat hasilnya dengan segera.

Jadi jika itu sederhana, mengapa begitu banyak orang berjuang dengan kedalaman lapangan? Seperti yang saya tulis sebelumnya, ada lebih banyak kedalaman lapangan daripada hanya bukaan.

Kedalaman bidang juga dipengaruhi oleh seberapa dekat subjek muncul di foto Anda. Itu berarti seberapa dekat Anda dengan subjek, atau seberapa banyak Anda memperbesar atau mengurangi subjek menggunakan lensa ukuran yang berbeda.

Semakin dekat Anda dengan subjek Anda, atau semakin dekat Anda membuat subjek muncul dengan memperbesar lensa, semakin kecil kedalaman bidang. Katakanlah Anda memotret seseorang yang berjarak lima meter. Pada jarak ini, lensa standar atau lensa sudut lebar tidak hanya akan menampilkan banyak latar belakang, tetapi kedalaman bidang yang luas bisa membuat latar belakang cukup mengganggu. Namun, jika Anda berjalan lebih dekat ke subjek dan fokus kembali, kedalaman bidang akan menjadi jauh lebih kecil. Akibatnya, orang yang terfokus dengan baik akan menonjol dengan jelas dari latar belakang yang buram. Anda dapat memaksimalkan efek dengan membuka aperture ke pengaturan terluasnya.

Sekarang bayangkan subjek Anda sedang berpose di depan air terjun yang indah. Jika Anda berdiri dekat dengan subjek dan memotretnya dengan bukaan lebar, Anda bisa mendapatkan bidikan orang yang hebat tetapi air terjun akan menjadi tidak fokus. Anda bisa memperbaiki situasi sedikit dengan menutup aperture beberapa berhenti. Namun, cara paling efektif untuk meningkatkan kedalaman bidang adalah dengan berdiri beberapa meter lebih jauh ke belakang, dan / atau perbesar kembali ke sudut yang lebih luas dengan lensa Anda. Anda tidak hanya akan menangkap lebih banyak latar belakang, tetapi akan jauh lebih tajam daripada jika Anda hanya menyesuaikan bukaan Anda saja.

Jadi di sana Anda memiliki cepat melihat tidak satu, tetapi tiga faktor daripada dapat membuatnya lebih mudah untuk menguasai kedalaman lapangan; bukaan, jarak dari subjek, dan ukuran lensa. Ini benar-benar topik yang perlu diilustrasikan dengan beberapa foto, tapi hei – Anda memiliki kamera digital. Mengapa tidak pergi dan mencoba ide-ide ini di kesempatan berikutnya? Anda dapat langsung melihat hasilnya, dan tentu saja dengan kamera digital, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun kecuali sedikit waktu. Dengan latihan dan kesabaran, Anda akan mendapatkan ‘rasa’ untuk kedalaman bidang, dan bagaimana menggunakannya untuk meningkatkan fotografi Anda.